Sejarah Kertas

Sabtu, Februari 09, 2013

hay sobat grafika :)
harus tetap semangat yah menjalani aktivitas keseharian. Tentu sobat tau kan KERTAS itu apa? yap betul, lembaran tipis yang biasanya berwarna putih yang digunakan untuk proses cetak atau tulis. Nah, pada kesempatan yang langka ini kita pengen ngelejasin ke sobat grafik nih, tentang pengertian kertas dan sejarahnya nih secara mendetail
(Dikutip Dari beberapa sumber : Casey and James, Elderd Nelson, Kuphan Helmut dalam bukunya Handbook Print and media, Muchtar Efnyta dan Muryeti, Wilson Laurance)
silahkan disimak ya sob.



1. Pengertian Kertas
   Definisi Kertas secara umum, kertas adalah bahan hasil kempaan berupa lembaran-lembaran tipis yang terbuat dari serat selulosa yang ditambahkan bahan penolong guna mendapatkan sifat kertas sesuai dengan fungsi dan kegunaanya. secara khusus, kertas adalah kumpulan serat-serat kayu yang didominasi oleh serat selulosa yang tidak beraturan yang dikempa dengan sebelumnya melewati proses pencampuran dengan bahan-bahan tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan sifat kertas yang diinginkan.

2. Sejarah Kertas



   Pada zaman Mesir kuno, tepatnya 4000 Sebelum Masehi, manusia menggunakan papyrus sebagai media untuk menulis. Papyrus sendiri adalah tanaman yang tumbuh didaerah tepian sungai Nil, dan cara pembuatannya menjadi lembaran untuk menulis pun tergolong sederhana.
   Karena berkembangnya peradaban, penggunaan papyrus sebagai media tulis akhirnya menyebar sampai ke romawi, maka dari itu di dunia dikenal lah dengan sebutan Paper (Inggris), Papier (Belanda) dan Papel (Spanyol) yang memiliki arti yang sama yaitu Kertas.
   Semakin berkembangnya teknologi dan peradaban, media tulis bukan lagi menggunakan papyrus, ini disebabkan mahalnya harga papyrus dan karena ditemukannya proses pembuatan kertas yang lebih baik. tepatnya 106 SM Tsai Lun yang berasal dari Cina telah menyumbangkan teknologi pembuatan kertas yang jauh lebih canggih lagi, ia menggunakan bahan bambu yang dapat dengan mudah ditemukan didaratan cina hingga akhirnya kertas dengan bahan bambu tersebut tersebar hingga ke Dataran Timur (Jepang, Korea, dll).
   Pada Akhirnya teknik permbuatan kertas ini jatuh ke tangan Bani Abbasyiah setelah kalahnya pasukan Dinasti Tang dalam pertempuran yang terjadi di tahun 751 Masehi dimana para tawanan perang mengajarkan teknik pembuatan kertas kepada orang-orang Bani Abbasyiah, semakin lama berkembanglah pabrik-pabrik kertas di kota-kota baghdad dan menjamur hingga italia hingga akhirnya menyebar ke eropa setelah perang salib.
   Setelah itupun masih banyak peristiwa penyebaran teknik pembuatan kertas hingga ke seluruh dunia, dan hingga saat ini manusia terus mengembangkan kertas dengan berbagai teknik pembuatan dan bahan pembuat kertas, yang lebih mengagumkan, sekarang sudah dikenal dengan kertas Yupo, kertas yang dibuat TIDAK dengan bahan serat selulosa alami ini menggunakan bahan serat yang disintesiskan, perbedaanya terlihat sekali dimana kertas yupo tidak membutuhkan kayu sebagai bahan utamanya, kelebihan dari kertas yupo ini adalah tidak mudah sobek dan berbagai keuntungan lainnya, disamping itu kertas yupo yang masih tergolong mahal membaut penggunaan kertas ini masih sedikit di indonesia.



ternyata kertas yang menurut kita tidak terlalu rumit itu memiliki perjalanan yang panjang ya sob, bukan hanya itu pembuatan kertas pun juga sangat rumit, karena harus memahami aspek-aspek seperti dampak terhadap lingkungan karena faktanya bahan pembuat kertas adalah kayu yang mengandung serat selulosa.
sedikit cerita mengenai serat selulosa, serat ini adalah salah satu bahan pembentuk kayu, lebih dari 50% kayu mengandung serat selulosa, sisanya adalah serat hemi-selulosa, lignin dan bahan-bahan pembentuk kayu lainnya. kemungkinan alasan kenapa industri menggunakan serat selulosa adalah karena mampu memenuhi syarat-syarat sebagai bahan pembuatan kertas (fleksibel, mudah didapatkan, ekonomis, berlimpah dan mudah diperbaharui).

Nah, mungkin kita sudah terlalu jauh yah bercerita tentang serat selulosa, namun itu hanya sebagian kecil dari kutipan tentang serat selulosa, terima kasih sudah menyimak ya sob.
akhir kata, wassalamu'alaikum and don't forget to say thanks :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
iWowCrew © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets