Kertas UnCoated Vs Kertas Coated

Minggu, Mei 26, 2013



akhirnya dapet juga kutipan dari dosen kita nih sob.. eh iya Selamat Malam sobat grafika, bagaimana aktivitasnya? semoga setiap kegiatannya bermanfaat yak! oh iya kali ini kita mau membeberkan, mem-beber-kan.. iya, tentang kertas coated dan kertas uncoated.. Lho apa bedanya? kan sama-sama kertas!
Hmm.. begini sob, pernah melihat kertas Coated? dan kertas UnCoated? berbeda bukan? nah iya.. kita mau ngebahas perbedaannya nih sob, sekalian embel-embelnya juga, berbagi ga boleh setengah-setengah kan! hehehe
Nyok kita simak ulasan berikut

Pasti tahu dong kertas uncoated itu kaya gimana?? kita ambil aja salah satu contohnya yaitu kertas HVS. nah! langsung kebayang kertas uncoated itu seperti apa kan? Yap!! kertas yang engga ada lapisan luarnya~ ciri-ciri kertas uncoated adalah :
1. pada umumnya tidak mengkilap, sekalipun ada yang mengkilap itu hanya menggunakan bahan kimia OHB
2. pada umumnya digunakan sebagai kertas tulis atau kertas cetak dengan resolusi yang kecil
3. Permukaannya sedikit kasar (jika dibandingkan dengan kertas Coated)
4. Memiliki sisi Felt dan Wire yang dapat dibedakan
5. Pada umumnya menggunakan Gramatur 60-100gr/m2

beralih dari kertas Uncoated, kita lanjut ke kertas coated, mungkin udah banyak yang tahu jenisnya apa aja, tapiiii.. jarang ada yang tau dijual dimana kan? trus juga belum pada tahu merek yang biasa dijual di pasaran??
kita juga belum tahu, biasanya pesanan langsung ke pabrik atau supplier kertas, karena amat sangat jarang kertas Coated dijual satuan (karena biasanya harganya yang relatif lebih mahal, ex : glossy paper), lanjut ke ciri-ciri kertas coated :
1. pada umumnya mengkilap, tergantung tingkat mengkilap kertasnya. bila diurutkan dari yang biasa (matt paper, Art Paper hingga Glossy paper yang paling Mengkilap)
2. Memiliki lapisan tambahan (coatednya)
3. permukaannya sangat halus
4. biasanya digunakan pada cetakan-cetakan dengan resolusi tinggi yang menuntut kualitas yang terbaik
5. tidak bisa membedakan antara sisi felt dan wirenya
6. biasanya digunakan pada buku-buku cetakan anak, buku tahunan, buku premium yang menuntut kualitas
7. pada umumnya menggunakan gramatur 85-150gr/m2

nah udah kita beberkan tuh ciri-cirinya, namun masih kurang kompleks sob..
tenaaang.. kita akan memberikan perbandingan dan menjelaskan sebabnya secara detail dan mendalam, check this out!

1. Penggunaan tinta pada kertas uncoated lebih banyak ketimbang kertas coated jika menggunakan parameter spectrodensitometer (dengan nilai yang optimal)

Jawab : karena jika dilihat secara mikroskopis, penggunaan tinta yang banyak oleh kertas uncoated adalah untuk mengisi rongga pada pori-pori permukaan kertas uncoated, berbeda dengan kertas coated yang sudah terlapisi sehigga rongga pori-porinya lebih kecil atau bahkan tidak ada sama sekali

2. kertas coated menggunakan cetakan dengan resolusi lebih tinggi dibandingkan dengan kertas uncoated yang menggunakan resolusi lebih rendah

Jawab : kertas uncoated yang dicetak dengan image beresolusi tinggi tidak akan bisa mencapat ketajaman yang diinginkan, dikarenakan ketika tinta yang di transfer ke permukaan cetak, dengan cepat tinta akan menyerap ke pori-pori kertas uncoated, dan menimbulkan permasalahan dotgain (pembesaran raster) serta warna yang kurang pekat (karena sebagian tintanya sudah menyerap), berbeda dengan kertas coated yang terlapisi bahan pigmen dan bahan perekat sehingga kecil kemungkinan bagi tinta untuk menyerap, biasanya proses pengeringan hasil cetakan yang menggunakan kertas coated adalah dengan polimerisasi oksidasi.

3. kertas coated lebih mengkilap, apa penyebabnya dan bagaimana penjelasannya

Jawab : karena kertas coated terlapisi oleh lapisan pigmen yang diikat oleh bahan perekat (sizing) maka permukaan kertas akan semakin halus. sebab kertas coated mengkilap adalah karena pemantulan cahaya yang beraturan membuat mata kita melihat kilauan/pantulan cahaya tersebut dengan jelas, semakin halus (biasanya disebut dengan tingkat glossy) maka akan semakin sempurna pantulan cahayanya (semakin mengkilap)

4. kertas coated lebih tahan terhadap air ketimbang kertas uncoated

jawab : permukaan kertas coated sudah terlapisi oleh bahan pigmen dan bahan perekat (sizing), kemampuan dalam menahan zat cair ini (red. air) bukan semata-mata memang benar-benar tidak menyerap, hanya saja memperlambat penyerapannya saja, berarti ada kemungkinan terjadinya penyerapan? iya, namun membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang kertas uncoated

5. kertas uncoated tidak bisa menggunakan tinta UV, tinta UV hanya dikhususkan hanya untuk kertas coated

jawab : ini salah besar, karena tinta UV bisa digunakan pada semua jenis permukaan cetak sesuai kebutuhan, namun perlu digaris bawahi, selain memerlukan proses pengeringan yang khusus, penggunaan tinta UV juga dipengaruhi faktor ekonomis dan keselamatan, harga tinta UV yang cenderung mahal (ditambah keperluan alat pengeringnya) ada kemungkinan terjadinya keracunan tinta bila mengenai tangan, jikalau kita bisa menggunakan tinta biasa, kenapa harus menggunakan tinta UV?

demikian apa yang bisa kami sampaikan sob, nahhh mungkin ada pertanyaan dari sobat grafika mengenai kertas coated dan uncoated yang belum kami paparkan, kami persilahkan :)
see ya sob, selamat beraktifitas

4 komentar:

  1. Anonim mengatakan...:

    hallo....saya vika dari tangerang. saya mau tanya...apa yg bisa saya pakai utk 'melapisi' kertas supaya hasil nya jadi kaku dan tahan air?? untuk info nya, saya ucap kan terima kasih.

  1. Rightji mengatakan...:

    Halo juga vina, hem.. sejauh apa dulu kebutuhan vina dalam melapisi kertas, simplenya melapisi kertas dapat dilakukan secara manual dengan teknik laminating yang biasa kita jumpai, dapat juga menggunakan teknik melapisi kertas dengan lapisan lilin.
    Peninjauan lebih jauh dapat dilihat dengan metoda yang amat kompleks contohnya saat pembuatan kertas, semoga membantu

  1. Anonim mengatakan...:

    Halo saya putu dr jakarta. Jadi art paper 100gr jg bosa dogunakan untuk tinta uv juga ya? semua kertas yg di sebut seperti art paper bisa kan. cuma masalah di alat pengeringnya.

    Kalau boleh tau juga nama alat pengeringnya apa ya

    Terimakasih

  1. rdo736 mengatakan...:

    Halo Mas Raji, kira-kira kertas apa ya yg memiliki warna putih paling neutral (tidak kekuningan atau kebiruan)? Dan jenis kertas apa yang digunakan untuk printing yang dapat menghasilkan warna paling akurat (berdasarkan tingkat penyerapan tinta)?

Posting Komentar

 
iWowCrew © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets