Mesin Potong Kertas (Part 1)

Minggu, Februari 10, 2013

ekhmm... pada kesempatan yang sangat langka dan kondisi yang sangat mepet admin akan mencoba, berusaha dan berjuang keras buat sharing tentang mesin potong atau yang bahasa sundanya tuh Cutting Machine sob :)
okeh, jadi gini ceritanya sob, pernah lihat mesin potong kan? yang biasanya ada di ruko-ruko jasa fotocopian, nah itu bentuk sederhananya, cara kerjanya emang begitu, namun mesin potong yang akan kita bahas disini yaitu mesin potong automatic sob. bagi sobat grafika yang mau download pdfnya via ziddu, silahkan download di sini --> iWowcrew


pengertian dari mesin potong itu sendiri (Cutting Machine) adalah mesin yang digunakan untuk memotong kertas, entah itu pada bagian awal penentuan ukuran kertas sebelum pencetakan ataupun setelah pencetakan dengan tujuan merapihkan sisi kertas guna dilanjutkan kepada bagian penjilidan ataupun proses Post Press lainnya.

sejarah dari mesin potong yaitu Sekitar tahun 1800 mulai digunakan mesin potong kertas yang kerjanya menyerupai ketam. Ada juga yang menggunakan pisau bulat yang berputar seperti gergaji. Mesin potong yang berbentuk seperti mesin potong masa kini diketemukan oleh Guillaume Massiquot dari Perancis. Mesin ini diilhami dari quillotine yang di Perancis digunakan untuk hukuman pancung.
Tahun 1837 Thirault dari Perancis membuat mesin potong dengan pisau yang tidak bergerak, tetapi lapak (meja kertas) bergerak ke atas.
Sekitar tahun 1840 dan 1850 mulailah berkembang dari bentuk kacip dan radeer yang dibuat dari kayu. Tahun 1859 Karl Krause, untuk pertama kali mulai membuat mesin potong yang seluruhnya dari besi. Mesin ini terdiri dari tiga ukuran. Untuk pertama kali mesin potong menggunakan tekanan secara mekanis dibuat oleh Karls Krause dengan diberi nama “RAPID”. Mesin ini mempunyai pendorong yang digerakkan oleh pita baja dengan diberi skala ukuran.
Dengan dasar mesin ini, terciptalah mesin-mesin yang ada seperti sekarang dan banyak digunakan.

Bagian-bagian mesin potong kertas Bagian dari mesin potong yang sangat penting adalah pisau potongnya sendiri, penunjuk ukuran dan landasan dengan penepatnya yang siku-siku. Ketiga unsur tersebut sangat menentukan mutu dari hasil potongan kertas. Bagian-bagian meson potong :
1. Pisau Potong, yaiyalah namanya juga mesin potong ==a
2. bantalan Pisau Potong (tepat berada dibagian bawah pisau potong)
3. Penunjuk batas potongan
4. Penekan
5. Meja Potong
6. BOla Tekanan udara
7. Pengaman
8. Panel Program
pada PDF yang kalian download terdapat pengertian dari tiap bagian dan bentuk dari bagian-bagian mesin potong itu sendiri

Don't Forget to say Thank's :)

1 komentar:

  1. Dunia Fau mengatakan...:

    min, mau pdf nya dong..

Posting Komentar

 
iWowCrew © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets